Home » » Mengenal Enzim Lipase Dan Kegunaannya Bagi Manusia

Mengenal Enzim Lipase Dan Kegunaannya Bagi Manusia





Jual Enzim Lipase Untuk Riset Dan Industri
087731375234


Apa itu Enzim Lipase?
Lipase adalah enzim yang dapat bekerja mengkatalisis hidrolisis ikatan ester dalam substrat lipid yang tidak larut air seperti trigliserida berantai panjang, oleh karena itu enzim lipase tergolong dalam enzim esterase. Enzim ini juga mampu mengkatalisasi pembentukan ikatan ester (esterifikasi) dan pertukaran ikatan ester (transeterifikasi) pada media bukan air. Lipase diproduksi pada karbon berlipid, seperti minyak, asam lemak, dan gliserol. Lipase yang berasal dari bakteri kebanyakan diproduksi secara ekstraselular. Pada umumnya, lipase dapat bekerja pada kisaran pH dan temperatur yang bervariasi, Lipase mempunyai stabilitas yang tinggi dalam larutan organik.
Lipase dari fungi dan bakteri memainkan peranan yang penting dalam kehidupan manusia seperti pembuatan yoghurt dan keju. Lipase juga digunakan sebagai katalis yang murah dan serbaguna untuk mendegradasi lipid dalam aplikasi modern seperti penggunaan enzim lipase untuk pembuatan deterjen dan biokatalis, serta juga dapat digunakan sebagai energi alternatif untuk mengubah minyak tumbuhan menjadi bahan bakar.

Fungsi enzim lipase pada manusia
Pada buh tmanusia terdiri dari 3 jenis enzim lipase yang memiliki  fungsi sangat penting. Fungsi dan peran enzim lipase pada tubuh manusia diantaranya aldalah sebagai berikut:
1. Mencerna lemak
Sebagai salah satu dari tiga enzim utama pencernaan, lipase bertugas mengubah lemak yang dikonsumsi melalui makanan menjadi senyawa yang lebih sederhana agar dapat diserap tubuh. Lemak yang umumnya berbentuk trigliserida rantai panjang akan dipecah menjadi rantai yang lebih pendek sebelum akhirnya dirubah menjadi gliserol (lemak alkohol) dan asam lemak.
2. Transport kolesterol
Fungsi enzim lipase yang cukup penting lainnya adalah membantu membawa kolesterol ke seluruh tubuh melalui darah. Enzim lipase spesifik yang disebut LCAT (lecithin cholesterol acyltransferase) mengkombinasikan kolesterol dengan asam lemak menjadi paket molekul transport yang dapat dipindahkan melalui aliran darah. Paket-paket molekul ini lebih dikenal sebagai LDL dan HDL atau sering di sebut juga sebagai kolesterol jahat dan kolesterol baik.
3. Membantu bayi mencerna lemak
Saat bayi baru lahir sistem pencernaannya belum sepenuhnya berfungsi secara sempurna. Salah satu kekurangannya adalah ketidak mampuannya mencerna lemak. Disinilah fungsi enzim lipase bekerja, dengan  terekskresi ke dalam ASI enzim ini akan membantu bayi baru lahir untuk memecah lemak yang diperoleh dari air susu.
4. Mengontrol level kolesterol dan kesehatan kardiovaskular
Mengingat fungsi enzim lipase yang utama adalah mencerna lemak, termasuk juga kolesterol. Maka saat kekurangan enzim lipase seseorang dapat mengalami penimbunan kolesterol dan trigliserida (lemak) dalam tubuhnya. Kondisi ini sangat berbahaya bagi kesehatan karena dapat memicu tingginya level kolesterol dan lemak di darah.

Kondisi lebih parah dapat terjadi jika level trigliserida melibihi 1000 mg/dl. Hal ini bisa menjadi tanda bahwa seseorang mengalami pankreatitis atau meradangnya pankreas. Hal ini juga dapat memicu penyakit lain seperti obesitas dan gangguan fungsi hati dan jantung. Untuk itu, mengontrol enzim lipase agar tetap normal bisa menjaga tubuh dari berbagai penyakit.
5. Menjaga kesehatan pencernaan
Enzim lipase bekerjasama dengan dua enzim lainnya yaitu amilase dan protease dalam proses pencernaan makanan. Lipase bertugas mencerna lemak, sementara amilase mengurusi karbohidrat dan protease memecah protein. Ketika ketiga enzim ini berada dalam level yang cukup maka proses pencernaan akan berjalan dengan optimal dan menghindarkannya dari masalah seperti penyakit celiac atau fibrosis sistik.
6. Membantu menurunkan berat badan
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa enzim lipase dapat berfungsi sebagai indikator keberhasilan penurunan berat badan pada penderita obesitas. Bahkan, penelitian juga menemukan cara membuat lipase sintesis yang dapat bekerja tiga kali lebih kuat dan mampu meningkatkan pencernaan lemak hingga 45% dari kondisi normal.
7. Meningkatkan penyerapan nutrisi
Memiliki kadar enzim lipase yang cukup akan membantu tubuh lebih mudah mengurai dan menyerap nutrisi berupa vitamin atau mineral dari makanan. Jadi tubuh tidak hanya butuh makan sehat saja, tapi juga butuh kecukupan akan enzim-enzim penting, salah satunya enzim lipase.

Written by : Your Name - Describe about you

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Etiam id libero non erat fermentum varius eget at elit. Suspendisse vel mattis diam. Ut sed dui in lectus hendrerit interdum nec ac neque. Praesent a metus eget augue lacinia accumsan ullamcorper sit amet tellus.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

0 komentar:

Posting Komentar

Blogger templates