Home » » Mengolah Ampas TAhu Menjadi Kecap

Mengolah Ampas TAhu Menjadi Kecap






Jual Ragi kecap / Aspergillus oryzae 
Telp. 087731375234
          Ampas tahu adalah merupakan hasil samping dari proses pembuatan tahu. Ampas tahu umumnya belum termanfaatkan untuk diolah menjadi produk yang memiliki nilai ekonomis lebih tinggi. Ampas tahu umumnya dimanfaatkan untuk pakan ternak yaitu sapi, kambing atau unggas dan sebagian diolah menjadi tempe gembus. Di Indonesia industri tahu sangat banyak sehingga ampas tahu yang dihasilkan pun berlimpah. Alangkah baiknya jika ampas tahu diolah menjadi produk yang nilai tambahnya lebih tinggi sehingga lebih mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Di bawah ini bagaimana cara mengolah ampas tahu menjadi kecap.
Bahan-bahan
·         Ampas tahu
·         Garam
·         Laru tempe
·         Bumbu-bumbu
·         Tapioka
Langkah-langkah
1.   Rendam ampas tahu selama 12 jam. Press atau tekan ampas tahu agar kandungan air keluar. Setelah itu kukus selama 60 menit lalu dinginkan di atas tampah sampai suam-suam kuku.
2.   Taburi ampas dengan ragi kecap (Aspergillus oryzae atau Aspergillus sojae), 1gr untuk 1kg ampas. Aduk-aduk hingga merata. Hamparkan ampas di atas tampah setebal 2cm, lalu tutup dengan daun pisang. Pastikan jauh dari bahaya serangga dan tidak terkena cara matahari langsung selama 4-5 hari.
3.   Potong tempe gembus dengan ukuran 0.5×0.5×0.5 cm. Lalu jemur hingga kadar air di bawah 12%.
4.   Siapkan 200gr garam yang ditambahkan sambil diaduk hingga volumenya menjadi 1 liter.
5.   Butiran tempe yang sudah kering masukkan ke larutan garam. Tiap 1kg butiran tempe kering membutuhkan 3 liter larutan garam. Lakukan selama 10-15 minggu pada siang hari dengan penutup wadah yang terbuka.
6.   Hasil fermentasi tadi disaring, lalu ampas diperas. Cairan kental hasil penyaringan disatukan (kecap mentah). Tambahkan air, tiap 1 liter kecap mentah tambah dengan 1 liter air.
7.   Haluskan keluwak dan lengkuas. Haluskan pula gula merah. Serta memarkan serai.
8.   Pindahkan cairan kecap ke panci, lalu tambahkan keluwak dan lengkuas, serai, daun salam. Panaskan kecap hingga mendidih lalu saring dengan kain saring. Tambahkan gula merah dan aduk hingga merata. Setiap 1 liter kecap ditambah 750gr gula merah. Lalu saring kembali.
9.   Jika kecap sudah dingin, tambahkan tepung tapioka. Setiap 1 liter kecap ditambah dengan 20gr tapioka, lalu aduk hingga merata. Panaskan kembali hingga mendidih sambil diaduk-aduk.
10.         Tambahkan natrium benzoate sebanyak 1 gr setiap 1 liter kecap. Setelah dingin, kamu bisa mengemas dalam botol.

Selamat Berwirausaha…!!!




Written by : Your Name - Describe about you

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Etiam id libero non erat fermentum varius eget at elit. Suspendisse vel mattis diam. Ut sed dui in lectus hendrerit interdum nec ac neque. Praesent a metus eget augue lacinia accumsan ullamcorper sit amet tellus.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

0 komentar:

Posting Komentar

Blogger templates