Home » » Budidaya Ikan NIla

Budidaya Ikan NIla







Jual Probiotik
087731375234



Ikan Nila (Oreochromissp) adalah salah satu jenis ikan yang sudah sangat popular di Indonesia. Ikan Nila sangat di gemari oleh masyarakat Indonesia karena rasanya yang enak, kandungan gizinya tinggi, dan harganya juga cukup murah dibandingkan dengan jenis ikan lainnya. Semakin berkembangnya bisnis kuliner di Indonesia, telah mendorong meningkatnya permintaan berbagai jenis ikan, termasuk ikan Nila. Permintaan ikan nila yang meningkat tersebut menjadi peluang bisnis yang cukup menjajikan untuk membudidayakan ikan nila.
Ikan Nila merupakan jenis ikan yang relative mudah dibudidayakan karena ikan jenis ini bersifat pemakan segala (omnivora) sehingga pakannya lebih mudah mendapatkannya, tahan banting dengan penyakit, dan mudah berkembangbiak. Dengan berbagai kelebihan disbanding jenis-jenis ikan lainnya, sehingga ikan ini banyak disukai oleh para peternak untuk dibudidayakan.
Beberapa jenis ikan nila yang banyak dibudidayakan di Indonesia, antara lain nila hitam (T.69, Citralada, GIFT, Aurea), Nila merah (hibrida), Nila JICA, Nila NIRWANA, danNila GESIT. Berdasarkan taksonomi ikan Nila diklasifikasi sebagai: Filum :Chordata, Sub Phylum : Vertebrata, Kelas : Pisces, Sub Kelas : Acathoptergi, Suku : Cichildae, Genus: Oreochromis, Spesies : Oreochromissp.
Secara morfologis, ikan Nila memiliki bentuk tubuh pipih, sisik besar dan kasar, kepala relative kecil, garis linealateralis terputus dan terbagi dua, yaitu bagian atas dan bawah, memiliki 5 buah sirip. Ikan Nila banyak ditemukan di perairan tenang seperti danau, rawa dan waduk Toleransi terhadap perbedaan lingkungan sangat tinggi, dapat hidup pada salinitas 0-29 ‰; suhu 14-38°C; ph 5-11. Ikan Nila sangat menyenangi pakan alami berupa Rotifera, Daphnia sp, Benthos, perifiton dan fitoplankton.pellet, dedak, dll.

Cara MembudidayakanIkanNila

1. Menentukan Lokasi
Ikan Nila dapat dipelihara di dataran rendah atau dataran tinggi.Tersedia sumber air sepanjang tahun, dan air tidak tercemar bahan kimia beracun, minyak atau limbah pabrik dan tidak terlalu keruh. Air yang tercemar atau keruh akan menyebabkan kematianikan Nila.

2. Kualitas Air
Persyaratan kualitas air untuk pembesaran Ikan Nila antara lain pH air antara 6,5-8,6 dan suhu air berkisar 25-30oC. Oksigen terlarut (DO) > 5 mg/l (ppm).Amoniak (NH3)<0 ppm.="">

3. Tempat Budidaya
Tempat budidaya ikan Nila relative mudah, kita dapat mempergunakan Karamba Jaring Apung (KJA), bak terbuat dari semen atau dengan menggunakan terpal. Pemilihan tempat budidaya disesuaikan dengan kondisi lokasi budidaya, dan modal yang dimiliki. Penggunaan terpal sangat efesien di lokasi-lokasi dataran rendah yang terbatas jumlah air mengalir. Bak terpal juga lebih praktis menyeusaikan areal yang tersedia dan mudah pembuatannya dengan biaya yang terjangkau.

4. Proses Persiapan
Sebelum ditebar benih, direndam dalam larutan Kalium Permanganat dosis 4-5 ppm Selama 15-30 menit. Adaptasi suhu dilakukan agar suhu pada kemasan ikan sama suhu di tempat budidaya kurang lebih selama 1 jam. Penebaran benih sebaiknya dilakukan pada pagi hari.

6. Proses Pemeliharaan
Lama pemeliharaan adalah 4 bulan dengan tingkat kelangsungan hidup (SR) 80 %. Pakan yang diberikan berupa pellet apung dengan dosis 3-4% dari biomassa ikan. Frekuensi pemberian pakan 2-3 kali sehari dengan  rasio konversi pakan (FCR) 1,2.

7. Proses Panen
Masa panen adalah masa yang ditunggu oleh peternak. Ikan Nila dapat dipanen setelah berukuran kurang lebih 500 gr/ ekor. Usahakan  panen dilakukan pada pagi hari untuk mengurani resiko kematian dari ikan yang dipelihara. Perlu diperhatikan agar ikan sampai ke konsumen dalam keadaan hidup dan segar, hendaknya dalam pengangkutan gunakan air yang bersuhu rendah sekitar 20oC. Waktu pengangkutan sebaiknya pada pagi hari atau sore hari. Jumlah kepadatan ikan dalam alat pengangkutan tidak terlalu padat.






Written by : Your Name - Describe about you

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Etiam id libero non erat fermentum varius eget at elit. Suspendisse vel mattis diam. Ut sed dui in lectus hendrerit interdum nec ac neque. Praesent a metus eget augue lacinia accumsan ullamcorper sit amet tellus.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

1 komentar:

Blogger templates