Home » » Khasiat Daun Insulin

Khasiat Daun Insulin










Jual Teh Daun Insulin
Telp. 087731375234


Daun insulin (Smallanthus sonchifolius) merupakan tanaman obat yang memiliki manfaat dan fungsi luar biasa. Tanaman ini dipercaya mampu mengontrol kadar gula darah bagi penderita diabetes. Daun insulin awalnya berasal dari Andes Utara dan Tengah dan tersebar dari Kolombia ke Argentina Utara. Kemudian tanaman ini ditanam oleh para petani di Midelevations di lereng timur Andes hingga menuju Amazon.
Ciri-ciri tanaman ini memiliki rasa yang manis. Resin dan bunganya mirip dengan bunga violet. Mungkin dikarenakan adanya insulin yang dapat menghasilkan rasa manis dari akar elecampene. Beberapa penelitian menunjukan bahwa tanaman ini kaya akan insulin dimana mengandung gula-gula fruktosa yang dapat dicerna oleh enzim pencernaan, tetapi dapat difermentasi oleh usus besar. Keadaan inilah yang dapat membuat para penderita diabetes dari hiperglikemia (kadar gula darah tinggi) dapat mengurangi kadar gula dalam darah.
Daun insulin memiliki beberapa manfaat yang sangat berguna apabila dikonsumsi secara tepat dan teratur dan dapat meningkatkan kesehatan tubuh Anda. Berikut beberapa manfaat daun insulin:
1. Membantu Mencegah dan Mengobati Diabetes
Tanaman ini menjadi populer adalah karena memiliki efek anti-hiperglikemiknya yang tentu bermanfaat dalam mencegah dan mengobati diabetes. Kandungan senyawa aloksa yang terkandung didalamnya terbukti dapat merangsang dan memperbaiki kemampuan sel beta pankreas dalam menghasilkan hormon insulin yang berfungsi mengatur kadar glukosa darah. Seperti dijelaskan sebelumnya.
2. Sebagai Pencegah Kanker
Penelitian telah menunjukkan bahwa senyawa yang ditemukan dalam daun insulin atau yakon memiliki efek penghambatan pada pertumbuhan sel kanker. Senyawa antioksidan di dalamnya diketahui mampu melindungi tubuh dari efek radikal bebas yang menjadi salah satu penyebab kanker. Ya meskipun masih dibutuhkan beberapa penelitian lanjutan untuk memperkuat bukti tersebut.
3. Membantu Menjaga Kesehatan Hati
Daun insulin mengandung senyawa antivirus dan antibakteri yang dapat menghalau infeksi patogen pada organ hati. Beberapa penelitian juga telah menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi daun yakon dalam jumlah yang tepat dapat mencegah akumulasi lemak di hati, sekaligus menjaga kesehatan hati agar selalu berfungsi dengan baik.
4. Membantu Mengendalikan Kolesterol
Selain penting bagi penderita diabetes, yakon atau daun insulin juga penting untuk orang-orang yang harus mengendalikan kolesterolnya. Penelitian telah menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi yakon, akan menurunkan kadar trigliserida puasa dan LDL (koleterol jahat). Hal ini tentunya dapat membantu kita terhindar dari berbagai resiko terkait masalah jantung, seperti penyakit jantung koroner.
5. Mencegah Hipertensi
Entah mengapa akhir-akhir ini sepertinya penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi semakin meningkat. Padahal hipertensi menjadi salah satu faktor resiko penyebab terjadinya stroke atau serangan jantung. Gaya hidup dan asupan makanan yang tidak terkontrol sepertinya menjadi faktor utama meningkatnya penderita hipertensi saat ini.
Oleh karena itu, penting untuk menerapkan gaya hidup sehat dan mengontrol asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan agar terhindar dari hipertensi adalah dengan mengonsumsi daun yakon. Manfaat daun insulin ini telah terbukti secara ilmiah mampu menurunkan tekanan darah 5-10%.
6. Menjaga Kesehatan Pencernaan
Manfaat daun insulin atau yakon selanjutnya adalah kemampuannya dalam menjaga kesehatan pencernaan. Daun yakon mengandung bahan prebiotik yang merangsang pertumbuhan dan kesehatan mikroflora di dalam tubuh kita. Bila bakteri probiotik dirawat dengan baik dan sehat, tubuh mampu memaksimalkan asupan vitamin dan mineral. Dengan mengoptimalkan tingkat penyerapan makanan yang masuk ke dalam tubuh, tentunya akan berdampak baik pula pada kesehatan pencernaan.

Selain itu, daun yakon juga memiliki sedikit efek pencahar yang dapat mengurangi konstipasi, kembung, dan kondisi gastrointestinal lainnya yang lebih serius, seperti tukak lambung dan kanker usus besar.

7. Membantu Penurunan Berat Badan
Meskipun khasiatnya yang satu ini masih banyak diperdebatkan di kalangan tertentu, namun beberapa peneliti mengklaim bahwa dengan mengonsumsi yakon dapat membantu meningkatkan penurunan berat badan. Ini karena yakon tidak tersusun dari pati (seperti kebanyakan umbi), tapi mampu mengenyangkan dan memiliki tingkat kalori yang sangat rendah. Selain itu juga dapat disebabkan karena kandungan serat didalamnya yang membuat orang kenyang setelah makan tanaman manis ini. Simak juga: Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat
8. Menjaga Kesehatan Saluran Kemih
Daun insulin mengandung senyawa antibakteri yang mampu mengatasi infeksi bakteri di saluran kemih seperti susah buang air kecil. Saluran kemih memang rentan terkena serangan bakteri, dan jika tidak segera dilakukan tindakan atau terjadi gangguan yang terus menerus akan menimbulkan efek yang lebih serius. Oleh karena itu cobalah untuk mengonsumsi daun yakon agar kesehatan saluran kemih Anda selalu terjaga sehingga terhindar dari berbagai resiko kesehatan.

9. Membantu Mengatasi Radang Tenggorokan
Jika Anda sedang mengalami radang tenggorokan, cobalah untuk mengonsumsi ramuan teh dari daun yakon. Efeknya akan menenangkan sekaligus mengatasi radang tenggorokan akibat infeksi bakteri. Seperti disinggung sebelumnya, daun yakon mengandung senyawa antibakteri yang mampu melawan infeksi bakteri di hampir seluruh organ tubuh manusia termasuk tenggorokan. Baca juga: Cara Ampuh Mengobati Radang Tenggorokan
10. Memiliki Efek Pencahar
Daun yakon memiliki efek pencahar karena mengandung senyawa saponin yang tentunya mampu mengatasi masalah susah buang air besar akibat sembelit atau konstipasi. Jika Anda sewaktu-waktu mengalami sembelit, Anda bisa mengambil manfaat daun insulin sebagai solusinya.
11. Membantu Menjaga Kesehatan Kulit
Seperti yang kita ketahui, senyawa antioksidan sangat baik untuk membantu kulit menangkal efek radikal bebas yang dapat merusak struktur kulit dan lebih parah lagi dapat menyebabkan kanker.

Kebanyakan kita lebih mengenal teh hijau karena kandungan antioksidannya. Namun jangan salah, ternyata daun yakon pun memiliki kandungan antioksidan juga didalamnya. Jadi, cobalah untuk membuat teh dari daun insulin sebagai alternatif dari teh hijau.

12. Meredakan Rasa Nyeri
Manfaat daun insulin atau yakon yang satu ini mungkin tidak banyak diketahui. Namun, tahukah Anda ternyata daun yakon memiliki efek analgesik atau pereda nyeri. Senyawa yang bekerja dengan cara menghambat, meminimalisir, dan menenangkan rasa sakit yang datang dari dari sistem saraf.
Memang begitu banyak manfaat dari daun yakon atau daun insulin ini, terlebih khasiatnya telah didukung oleh beberapa penelitian ilmiah. Namun, untuk pemakaian jangka panjang, mungkin perlu dipertimbangkan lagi, melihat efek sampingnya yang dapat membahayakan ginjal.




Written by : Your Name - Describe about you

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Etiam id libero non erat fermentum varius eget at elit. Suspendisse vel mattis diam. Ut sed dui in lectus hendrerit interdum nec ac neque. Praesent a metus eget augue lacinia accumsan ullamcorper sit amet tellus.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

0 komentar:

Posting Komentar

Blogger templates