Home » » Khasiat Buah Naga (Dragon Fruit)

Khasiat Buah Naga (Dragon Fruit)








Jual Aneka Culture Mikroba
Telp. 087731375234

Buah naga (Dragon fruit) adalah tanaman jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Buah ini berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan namun sekarang juga dibudidayakan di negara-negara Asia seperti Taiwan, Vietnam, Filipina, Indonesia dan Malaysia. Buah ini juga dapat ditemui di Okinawa, Israel, Australia utara dan Tiongkok selatan. Hylocereus hanya mekar pada malam hari.
Pada tahun 1870 tanaman ini dibawa orang Prancis dari Guyana ke Vietnam sebagai tanaman hias. Oleh orang Vietnam dan orang Cina buahnya dianggap membawa berkah. Oleh sebab itu, buah ini selalu diletakkan di antara dua ekor patung naga berwarna hijau di atas meja altar. Warna merah buah terlihat mencolok di antara warna naga-naga yang hijau. Kebiasaan inilah yang membuat buah tersebut di kalangan orang Vietnam yang sangat terpengaruh budaya Cina dikenal sebagai Thang Loy (Buah Naga). Istilah Thang Loy kemudian diterjemahkan di Eropa dan negara lain yang berbahasa Inggris sebagai Dragon Fruit (Buah Naga).
       Buah naga dipercaya memiliki banyak khasiat bagi kesehatan, diantaranya adalah:

1. Menurunkan berat badan
Buah naga berkhasiat menurunkan berat badan. Perlu diketahui bahwa kandungan buah naga sangat tinggi protein, namun rendak lemak dan karbohidrat. Tentu saja buah ini bisa menjadi pilihan camilan yang tepat bagi Anda yang sedang dalam program diet.
2. Menurunkan kolesterol
Buah naga mengandung B3 yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol. Oleh karena itu, manfaat buah naga akan sangat dirasakan oleh penderita kolesterol tinggi jika dokonsumsi secara rutin.
Makan buah naga secara rutin juga dapat mencegah penyakit stroke dan jantung koroner akibat kadar kolesterol yang terlalu tinggi.
3. Mengatasi diabetes
Bukan hanya berguna bagi penderita kolesterol tinggi, manfaat buah naga merah dapat dirasakan oleh penderita diabetes. Rasanya yang manis sama sekali karena kandungan glukosa, tidak akan berpengaruh buruk pada penderita diabetes.
4. Meningkatkan stamina
Ketika musim berganti atau pancaroba, ada baiknya Anda mengonsumsi buah-buahan. Berkaitan dengan hal ini, tingginya antioksidan dan kandungan vitamin buah naga merah ternyata mampu menambah stamina tubuh kita agar tak mudah sakit.
5. Meredakan sakit tenggorokan dan sariawan
Saat sakit tenggorokan dan sariawan tentu Anda merasa tidak enak makan dan minum. Rasa perih di mulut dan tenggorokan pun membuat kita lebih memilih menahan rasa lapar daripada harus makan. Anda sering atau pernah mengalaminya?
Nah, kalau begitu konsumsilah buah naga merah!
Kandungan buah naga merah yang kaya akan vitamin C tentu sangat efektif untuk menyembuhkan dan mengobati sariawan dan sakit tenggorokan. Selain itu, teksturnya yang lembut pun akan meringankan kerja mulut dan tenggorokan.
6. Meredakan asma
Para penderita asma tentunya akan sangat merasa tersiksa ketika kambuh. Mungkin Anda tahu terdapat banyak sekali pengobatan asma. Nah, jika Anda adalah seorang penderita asma dan mau pengobatan yang enak, cukup konsumsi buah naga secara rutin.
Vitamin B3, salah satu kandungan buah naga ini juga terbukti mampu meredakan asma. Oleh karena itu, buah ini sangat bagus untuk dikonsumsi ketika kambuh atau lebih baik lagi jika dikonsumsi secara rutin agar asma tak kambuh.
7. Meredakan batuk
Vitamin B3 yang ada dalam kandungan buah naga merah juga dapat meredakan batuk membandel. Manfaat buah naga merah ini tetunya akan sangat berguna, mengingat batuk adalah penyakit yang sulit disembuhkan meski sudah meminum obat.
Bila Anda sedang batuk dan tak kunjung sembuh, maka coba imbangi dengan mengonsumsi buah naga. Perlu diingat, buah naga ini membantu meredakan dan mencegahnya, jadi Anda harus tetap meminum obat batuk, ya!
8. Menstabilkan darah tinggi
Kandungan gizi pada buah naga juga sangat bagus dikonsumsi oleh penderita darah tinggi. Vitamin B3 mampu berperan nebstabilkan tekanan darah jika kita rutin mengonsumsinya.
9.  Melancarkan pencernaan
Punya masalah pencernaan?
Sebaiknya mulai mempertimbangkan untuk mengonsumsi buah naga secara rutin. Kandungan serat buah naga yang sangat tinggi terbukti dapat melancarkan pencernaan. Oleh karena itu, konsumsilah buah naga secara rutin setiap hari.
10. Menguatkan jantung
Jantung merupakan salah satu organ tubuh yang penting, namun banyak juga yang mengalami penyakit jantung. Sebenarnya, penyakit mematikan ini bisa dihindari sejak dini dengan berbagai cara, yaitu mengonsumsi makanan sehat dan berolahraga.
Kandungan phytochemical captin yang ada di dalam buah naga ini berperan memperkuat jantung. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mengonsumsi buah naga secara rutin mulai dari sekarang.
11. Mencegah osteoporosis
Salah satu manfaat buah naga merah yang dapat dirasakan secara jangka panjang adalah mencegah terjadinya osteoporosis atau pengeroposan tulang. Ini didukung dengan adanya kalsium organik di dalam kandungan buah naga.
12. Mencegah kanker
Khasiat buah naga yang lainnya adalah mencegah kanker karena mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Kandungan ini akan mampu mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas.
Pencegahan kanker tentu tidak hanya dengan mengonsumsi buah naga, namun perlu diimbangi juga dengan pola hidup sehat. Anda tetap harus memerhatikan asupan makanan dan juga mengimbanginya dengan berolah raga.
13. Mencegah penuaan dini
Ternyata ada juga khasiat buah naga untuk kencantikan, yaitu memperlambat penuaan dini. Hal ini pun tentunya baru akan terbukti jika mengonsumsi buah naga secara rutin. Kandungan antioksidan yang tinggi akan membantu mengencangkan kulit dan meregenerasi sel-sel kulit yang rusak.
14. Mencegah anemia
Kandungan gizi pada buah naga yang kaya zat besi ini baik untuk meningkatkan kadar hemoglobin pada penderita anemia. Kandungan buah naga ini juga membantu memproduksi sel darah merah, yang kemudian membantu dalam oksigenasi yang tepat dari organ-organ vital.
15. Membantu perawatan rambut
Menambahkan buah naga ke dalam diet harian Anda membantu menjaga rambut tetap sehat dan berkilau. Nutrisi dalam jumlah besar membantu mengurangi kerusakan pada rambut oleh bahan kimia yang hadir dalam pewarna rambut. Ini juga membantu meningkatkan tekstur dan mengembalikan kilau rambut Anda.
16. Menyehatkan mata
Buah naga diketahui menghambat pertumbuhan sitokrom P450 manusia, protein yang ditemukan di hati. Protein ini sering dikaitkan dengan terjadinya glaukoma bawaan. Juga, menurut penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Food Chemistry, kandungan beta-karoten dalam buah ini membantu mencegah degenerasi makula dan pembentukan katarak dengan melindungi mata dari radikal bebas berbahaya.
17. Baik untuk kehamilan
Buah naga bermanfaat bagi wanita hamil karena mengandung zat besi, vitamin B, dan folat. Studi menunjukkan bahwa zat besi membantu mencegah kekurangan hemoglobin dan juga dalam mencegah terjadinya anemia. Vitamin B dan folat membantu mencegah cacat lahir dan meningkatkan energi.
Sifat pencahar ringan dari buah naga juga membantu melunakkan tinja dan mengatur pergerakan usus. Selain itu, kandungan kalsium di dalamnya membantu perkembangan tulang janin, sehingga sangat membantu menyehatkan kehamilan. Kadar kalsium dan magnesium yang tinggi juga membantu melawan osteoporosis pada wanita pascamenopause.
18. Meningkatkan kecerdasan otak
Buah naga mengandung vitamin B dan kaya akan vitamin C, yang keduanya membantu menjaga membran sel tetap sehat. Aktivitas vitamin ini dapat membantu mencegah terjadinya gangguan kognitif dan menjaga fungsi otak!
19. Mengobati jerawat
Jerawat biasanya disebabkan oleh kulit berminyak yang ditandai pada masa-masa awal pubertas, terkadang kemunculan jerawat sampai Anda menginjak usia 30. Benar-benar menyebalkan bukan?
Tenang, sekarang ada solusi alami yang bisa dicoba. Anda bisa bisa menggunakan masker buah naga berdaging putih, karena mengandung banyak vitamin C.
Caranya, haluskan ¼ buah naga menggunakan garpu. Kemudian oleskan menggunakan bola kapas pada permukan kulit wajah yang berjerawat untuk menhindari penyebaran bakteri dari tangan. Bila sudah 20 menit, bilaslah menggunakan air hangat. Lakukan cara ini dua kali setiap minggu untuk kulit yang sempurna dan bebas jerawat.
20. Manfaat untuk kesehatan lainnya
Buah naga merah mengandung banyak vitamin C dan memiliki kandungan serat yang tinggi. Buah ini juga merupakan sumber potasium dan fosfor yang baik, serta mineral lain dan vitamin B kompleks. Buah naga merah kaya akan protein, antioksidan (dari betacyanins), likopen, dan karoten.
Manfaat buah naga merah kering bahkan memiliki sepuluh kali lipat berkat nutrisi dari buah segar. Manfaat buah naga termasuk mencerahkan kulit dan melindungi kulit dari kerusakan ultraviolet.
Kandungan Gizi pada Buah Naga
Berikut ini berbagai kandungan buah naga yang bermanfaat untuk menyehatkan tubuh Anda:
1. Jumlah kandungan buah naga
Buah naga biasanya dikonsumsi dalam bentuk buah segar sebagai penghilang dahaga. Kandungan buah naga juga terdiri dari kadar air yang tinggi, yaitu sekitar 90% dari berat buah.
Rasanya cukup manis karena mengandung kadar gula mencapai 13-18 briks. Buah naga juga dapat disajikan dalam bentuk jus, sari buah, manisan maupun selai atau beragam bentuk penyajian sesuai selera.
Secara umum, pakar sependapat dan mengakui kandungan buah naga kaya akan potasium, ferum, protein, serat, sodium dan kalsium yang baik untuk kesihatan berbanding buah-buahan lain yang diimpor.
Menurut AL Leong dari Johncola Pitaya Food R&D, organisasi yang meneliti buah naga merah, buah kaktus madu itu cukup kaya dengan berbagai zat vitamin dan mineral yang sangat membantu meningkatkan daya tahan dan bermanfaat bagi metabolisme dalam tubuh manusia.
Penelitian menunjukkan bahwa manfaat buah naga merah sangat baik untuk sistem peredaran darah, juga memberikan efek mengurangi tekanan emosi dan menetralkan toksik dalam darah. “Penelitian juga menunjukkan buah ini bisa mencegah kanker usus, selain mencegah kandungan kolesterol yang tinggi dalam darah dan menurunkan kadar lemak dalam tubuh,” katanya.
Berikut jumlah kandungan buah naga yang bisa Anda peroleh:
·         Kadar Gula: 13-18 briks
·         Air: 90 %
·         Karbohidrat: 11,5 gr
·         Asam: 0,139 gr
·         Protein: 0,53 gr
·         Serat: 0,71 gr
·         Kalsium: 134,5 mg
·         Fosfor: 8,7 mg
·         Magnesium: 60,4 mg
·         Vitamin C: 9,4 mg
2. Kandungan nutrisi buah naga
Secara keseluruhan, berikut kandungan nutrisi di setiap buah naga:
·         Protein (meningkatkan metabolisme tubuh dan menjaga kesehatan jantung)
·         Serat (mencegah kanker usus, kencing manis dan diet)
·         Karotin (kesehatan mata, menguatkan otak dan mencegah masuknya penyakit)
·         Kalsium (menguatkan tulang)
·         Zat besi (menambah darah)
·         Vitamin B1 (mencegah demam badan)
·         Vitamin B2 (menambah selera makan)
·         Vitamin B3 (menurunkan kadar kolesterol)
·         Vitamin C (menambah kehalusan kulit dan mencegah jerawat).


Written by : Your Name - Describe about you

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Etiam id libero non erat fermentum varius eget at elit. Suspendisse vel mattis diam. Ut sed dui in lectus hendrerit interdum nec ac neque. Praesent a metus eget augue lacinia accumsan ullamcorper sit amet tellus.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

0 komentar:

Posting Komentar

Blogger templates