Home » » Cara Membuat Kimchi-Makanan Korea

Cara Membuat Kimchi-Makanan Korea






Jual Aneka Culture Mikroba Untuk Riset Dan Industri
Telp. 087731375234


Kimchi adalah produk makanan khas korea berbahan sayuran yang kini kian digemari di Indonesia. Kimchi memiliki variasi yang cukup banyak. Meski banyak jenis sayur yang dapat dibuat menjadi kimchi, namun kimchi sawi putih adalah yang paling terkenal. Berwarna merah terang dengan rasa yang asam dan sedikit pedas.
Kita juga bisa membuat sendiri kimchi yang tidak kalah lezatnya dengan produk kimchi di supermarkte. Bahan-bahannya juga mudah didapatkan,dan harganya relatif murah dibandingkan kalau kita beli produk kimchi di supermarket sangat mahal. Berikut cara membuat kimchi sawi putih ala Korea:
Bahan cara membuat kimchi sawi putih:
4 buah sawi putih ukuran besar
60 gram garam kasar
2 sdm tepung beras
2 sdm gula pasir
24 siung bawang putih yang dicacah halus
2 sdt jahe parut
1 buah bawang bombai diiris tipis
220 gram cabai bubuk
120 ml cangkir kecap asin
480 ml air
3 dari 4 halaman
Sayuran pelengkap:
1 buah bawang bombai
1 buah lobak
1 buah wortel
8 batang daun bawang
4 dari 4 halaman
Cara membuat kimchi sawi putih:
1. Belah sawi putih menjadi dua bagian lalu cuci hingga benar-benar bersih dari kotoran yang menempel.
2. Taburi sawi yang telah dicuci dengan garam kasar hingga rata. Usahakan untuk menaburkan garam pada setiap helai daun sawi agar rasa asin dapat menyebar sempurna. Diamkan sawi selama dua jam, jangan lupa bolak-balik sawi setiap 30 menit sekali.
3. Setelah dua jam, cuci kembali sawi yang telah berubah layu dengan air bersih sampai sisa-sisa garam hilang. Tiriskan.
4. Untuk membuat pasta cabai, rebus tepung beras dengan air sampai mengental. Tambahkan gula pasir dan aduk-aduk kembali hingga adonan mendidih. Angkat lalu dinginkan hingga mencapai suhu ruangan.
5. Campur adonan dengan bawang putih, jahe, dan cabai bubuk kemudian aduk hingga semua bahan benar-benar tercampur merata.
6. Iris tipis semua sayuran pelengkap seperti bawang bombai, lobak, wortel, dan daun daun bawang lalu campur semua sayur dengan pasta cabai.
7. Lumuri sawi dengan campuran sayur dan pasta cabai sampai semua bagian sawi berwarna merah terang.
8. Masukkan kimchi mentah ke dalam wadah kedap udara lalu diamkan selama dua hari setelah itu baru bisa kamu konsumsi sebagai makanan pendamping.


Selamat Mencoba!

Written by : Your Name - Describe about you

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Etiam id libero non erat fermentum varius eget at elit. Suspendisse vel mattis diam. Ut sed dui in lectus hendrerit interdum nec ac neque. Praesent a metus eget augue lacinia accumsan ullamcorper sit amet tellus.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

0 komentar:

Posting Komentar

Blogger templates