Home » » Sukses Budidaya Ayam Kampung Super

Sukses Budidaya Ayam Kampung Super






Jual Buku Budidaya Ayam Kampung Super Dan Probiotik Lactobacillus
087731375234


Ayam kampung super adalah ayam hasil persilangan antara ayam kampung dengan ayam ras jenis petelor. Jenis ayam kampung hasil persilangan tersebut memiliki pertumbuhan yang cepat dibandingkan dengan ayam kampung lokal sehingga orang menyebutnya ayam kampung super. Secara tampilan ayam kampung super memiliki bentuk yang hampir sama dengan ayam kampung lainnya yaitu ayam jantan memiliki ukuran lebih besar dari betina, memiliki jengger yang besar dan pial, besar dan  tegap, memiliki jalu, warna bulunya bervariasi antara lain hitam, coklat, putih, brontok dan lain-lain. Proses penyilangan tersebut adalah bertujuan untuk mendapatkan jenis ayam kampung yang memiliki produktifitas daging dan telor yang tinggi sehingga mampu memenuhi permintaan pasar yang semakin meningkat dan lebih menguntungkan karena dapat dipanen dalam waktu yang cukup singkat.
Ayam kampung super merupakan jenis unggas yang saat ini kian populer dan banyak digemari oleh para peternak karena pertumbuhannya yang cepat sehingga sangat cocok untuk dibudidayakan secara intensif. Keberadaan ayam kampung super diharapkan mampu meningkatkan pasokan daging ayam kampung di tanah air sehingga mampu memenuhi permintaan yang ada dan ke depannya diharapkan dapat dijadikan sebagai komoditas ekspor yang potensial untuk dikembangkan seiring dengan meningkatnya popularitas dan preferensi terhadap ayam kampung. Namun, disisi lain berkembangnya budidaya ayam kampung super, dirasa menjadi ancaman bagi para peternak ayam kampung asli lokal dan juga ayam potong karena dapat menjadi pesaing. Namun, anggapan semacam itu ditepis bagi sebagian fihak suatu yang berlebihan, karena tingkat permintaan daging unggas sangat tinggi sedang pasokan masih sangat rendah, selain itu pasar manca negara juga masih terbuka lebar.
Ayam kampung super bertubuh esar mirip ayam negeri sehingga bobot tubuhnya lebih besar jibandingkan dengan ayam kampung seumurya. Dalam usia 2 bulan bisa mencapai 1,5 kg. Massa panen atau umur siap potong 45 – 75 hari sudah siap untuk di konsumsi, hal ini sangat jauh berbeda dengan ayam kampung asli yang umumnya baru dapat dipanen setelah 3-6 bulan. Pertumbuhan badannya lebih cepat dari ayam kampung lainnya.  Ayam kampung super juga memiliki prilaku yang hampir sama dengan ayam kampung lainnya yaitu lebih tahan penyakit dibandingkan dengan ayam broiler, lincah, suka bertengger, berkokok, rakus makan, jinak, dan pada umur 6 bulan hingga 1,5 tahun tingkat produktifitas telornya tinggi mencapai 60-80% per hari dari total jumlah ayam betina, setelah umur 1,5 – 2 tahun menurun kurang lebih 50%. Ayam kampung super memiliki kemampuan bertelor yang terus menerus seperti ayam ras, namun tidak memiliki sifat mengeram. Telor ayam kampung super memiliki warna putih kecoklatan dan ukuran bobotnya seperti telor ayam ras, tapi telor ayam kampung super dapat tetaskan.

Saat ini ayam kampung super sudah mulai marak dibudidayakan secara intensif terutama di daerah Jawa seperti Yogyakarta, Semarang dan lain-lain. Ayam hasil persilangan (F1) tersebut mempunyai rasa dan tampilan yang diterima konsumen. Saat ini, DOC ayam kampung super sudah banyak diperdagangkan secara komersil dalam jumlah yang cukup besar oleh para peternak-peternak unggas. Di pasaran DOC ayam kampung super berkisar Rp.4200 – 4500 per ekor. Sedangkan harga jual per ekor untuk bobot 0,7 Kg – 0,8 Kg mencapai Rp.16.000. Sedangkan harga daging ayam kampung super berkisar Rp.20.000 – Rp.24.000 per Kg.    

Written by : Your Name - Describe about you

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Etiam id libero non erat fermentum varius eget at elit. Suspendisse vel mattis diam. Ut sed dui in lectus hendrerit interdum nec ac neque. Praesent a metus eget augue lacinia accumsan ullamcorper sit amet tellus.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

0 komentar:

Posting Komentar

Blogger templates