Home » » Peluang Pasar Nata De Coco

Peluang Pasar Nata De Coco





Jual Bibit Nata (Acetobacter xylinum)
087731375234


Nata de coco adalah produk hasil fermentasi air kelapa dengan menggunakan bakteri Acetobacter xylinum. Nata de coco pada mulanya adalah produk yang diorientasikan untuk menangani limbah air kelapa sehingga dianggap hanya sebagai produk sampingan saja. Saat ini telah beredar di pasaran produk nata de coco dalam berbagai bentuk kemasan dan cita rasa yang  beragam, baik produk yang diproduksi industri  kecil atau industri besar dengan harga yang cukup lumayan. Meskipun bersaing cukup ketat, akan tetapi pangsa pasar yang tersedia cukup besar. Namun saat ini permintaan nata de coco oleh industri  minuman yang begitu besar maka produk nata de coco bukan lagi sekedar produk sampingan. Bahkan mampu menjadi produk unggulan karena memiliki prospek pasar yang cerah ke depannya. Indonesia memiliki potensi yang sangat besar untuk mengembangkan industri nata de coco karena memiliki pangsa pasar yang besar dan bahan baku yang melimpah  tersebar hampir di seluruh pelosok negeri serta SDM yang murah.
Di Indonesia terdapat beberapa perusahaan besar yang memproduksi nata de coco menjadi produk minuman siap saji antara lain wong coco, inaco, garuda food, serta beberapa industri kecil lainya yang sudah tersebar di seluruh pelosok tanah air. Untuk memenuhi kontinuitas kebutuhan bahan baku nata yang cukup besar, industri besar bermitra dengan para petani-petani nata de coco yang menghasilkan bahan nata setengah jadi dalam bentuk lembaran-lembaran.
Disamping sebagai produk bahan minuman, nata saat ini sudah semakin familier digunakan untuk berbagai makanan kecil antara lain kue puding, manisan, es campur, dan lain-lain. Di pasar domestik, permintaan nata de coco biasanya meningkat tajam pada saat menjelang hari raya Lebaran, Tahun Baru, natal dan acara-acara  penting lainnya. Tingginya permintaan produk nata de coco atau nata dari bahan lainnya oleh industri minuman merupakan bisnis yang menarik untuk dikembangkan. Usaha produksi nata de coco mudah dijalankan meskipun dalam skala home industri. Selain itu, proses produksi nata de coco sederhana dan alat-alatnya tidak bermodal besar sehingga dapat dilakukan siapa saja.

B. Perencanaan Produksi Nata de Coco
Sebelum melakukan proses produksi nata de coco, maka ada beberapa hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu antara lain: a. Menentukan lokasi produksi, b. Menentukan kapasitas produksi, c. Merencanakan luas dan design tata letak ruang produksi, d. Persiapan alat dan bahan, e. Pembuatan bibit/stater. Persiapan ini harus dilakukan secara matang agar kegiatan produksi dapat berjalan lancar dan kontinu.

1). Menentukan Lokasi Produksi
  Lokasi produksi merupakan faktor yang sangat penting menentukan keberlangsungan usaha nata de coco. Ada beberapa pertimbangan untuk menentukan lokasi tempat produksi nata de coco yaitu antara lain; mendekatkan pada bahan baku, mendekatkan pada pasar, mendekatkan pada sumber daya tenaga kerja, cukup tersedia sarana infrastruktur seperti jalan, listrik, air, dan sebisa mungkin tidak terlalu dekat dengan pemukiman.

2). Menentukan Kapasitas Produksi
Kapasitas produksi adalah kemampuan maksimal menghasilkan produk. Penentuan kapasitas produksi berkaitan dengan target produksi yang ingin dicapai. Kapasitas produksi direncanakan secara baik, meliputi kapasitas ruangan, jumlah alat dan bahan.

c. Persiapan Bahan Baku dan bahan pembantu
Bahan baku nata de coco adalah air kelapa. Air kelapa merupakan bahan baku yang relatif mudah didapatkan dan ketersediaannya bisa kontinyu, murah, tidak memerlukan perlakuan lain bisa langsung diproses. Untuk mendapatkan bahan baku air kelapa secara kontinu, kita  bisa menjalin kerjasama dengan beberapa industri-industri yang mengolah atau menggunakan bahan baku kelapa misalnya kopra, industri geplak, industri kue, industri VCO, atau  jasa pemarutan kelapa di pasar-pasar. Selain air kelapa, bahan pembantu  yang digunakan untuk membuat nata de coco antara lain adalah gula pasir, ZA (Zink amonium sulfat) dan asam cuka/asam asetat pekat  atau cuka digunakan untuk menurunkan pH 3- 4. ZA yang digunakan adalah jenis Food Grade. Bahan-bahan pembantu lainnya yang diperlukan dalam pembuatan nata antara lain kertas untuk menutup nampan, karet gelang, karet ban.

Written by : Your Name - Describe about you

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Etiam id libero non erat fermentum varius eget at elit. Suspendisse vel mattis diam. Ut sed dui in lectus hendrerit interdum nec ac neque. Praesent a metus eget augue lacinia accumsan ullamcorper sit amet tellus.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

0 komentar:

Posting Komentar

Blogger templates