Home » » Bakteri Yogurt

Bakteri Yogurt







Mitrabisnis UKM
085741862879
Jual Bibit Yogurt

Bakteri asam laktat (BAL) adalah kelompok bakteri probiotik yang sangat bermanfaat bagi manusia atau hewan. Bakteri asam laktat bersifat non-patogen dan menghasilkan asam laktat. Bakteri asam laktat adalah kelompok jenis bakteri gram positif, berbentuk coccus (bulat) atau bacillus (batang), tidak membentuk spora, suhu pertumbuhan optimum ± 37 -45 oC, pada umumnya tidak motil, bersifat anaerob, katalase negatif dan oksidase positif. Bakteri asam laktat mampu tumbuh pada kadar gula, alkohol, dan kadar garam yang tinggi, mampu memfermentasikan monosakarida dan disakarida. Sebagian besar BAL dapat tumbuh dengan baik pada lingkungan yang memiliki atau tidak memiliki O2 (tidak sensitif terhadap O2), sehingga termasuk anaerob aerotoleran.
1. Lactobacillus bulgaricus
Lactobacillus bulgaricus secara luas digunakan dalam produksi produk susu fermentasi seperti yoghurt, keju dan krim disebabkan sifat-sifatnya yang menguntungkan secara teknologi, nutrisi dan khususnya terhadap kesehatan. Lactobacillus bulgaricus merupakan salah satu spesies dari kelompok bakteri asam laktat yang bersifat gram positif, nonspora, berbentuk bulat atau batang, dan memproduksi asam laktat sebagai komponen utama setelah fermentasi karbohidrat.
Lactobacillus bulgaricus adalah bakteri berbentuk batang, berantai, tidak berspora, tidak berflagel, Gram positif, bergranulasi dengan pewarnaan methylen blue, bersifat homofermentatif yaitu produk akhir dari metabolisme karbohidrat adalah asam laktat, mikroaerofilik, tidak mencerna kasein, tidak memproduksi indol dan H2S, tidak memproduksi enzim katalase, kadang-kadang memproduksi pigmen kuning sampai orange dan tidak patogen. Kondisi optimum pertumbuhan L. bulgaricus adalah antara 30 – 40oC, dengan pH optimal antara 5,5 – 6,2 tetapi tumbuh pada pH 5 atau kurang, dan laju pertumbuhan berkurang pada pH netral atau alkali.
2. Streptococcus thermophilus
Streptococcus thermophilus adalah jenis bakteri gram-positif, non-pathogen, homofermentatif, fakultatif anaerob, negatif tes sitokrom , negatif tes oksidase, negatif tes katalase, positif alpha-hemolytic activity, non-motile dan tidak membentuk endospora. Bakteri ini tumbuh optimal pada suhu rata-rata 45 °C, dan mampu menghasilkan energy dengan membentuk adenosine triphosphate (ATP) melalui respirasi secara aerobic dengan adanya oksigen maupun tanpa oksigen.

Streptococcus thermophilus merupakan salah satu bakteri asam laktat yang telah banyak digunakan dalam industri pengolahan susu menjadi keju mozarela dan yogurt yang dikombinasi dengan bakteri Lactobacillus bulgaricus. S. thermophilus sangat baik bagi orang yang memiliki gangguan lactos- intolerant . Bakteri ini mampu memecah laktosa, gula pada susu, dimana orang yang menderita lactose-intolerant mengalami kesulitan untuk mencernanya. S. thermophilus menghasilkan antibiotik AAD (antibiotic-associated diarrhea) yang mampu menurunkan penyakit diare. 

Written by : Your Name - Describe about you

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Etiam id libero non erat fermentum varius eget at elit. Suspendisse vel mattis diam. Ut sed dui in lectus hendrerit interdum nec ac neque. Praesent a metus eget augue lacinia accumsan ullamcorper sit amet tellus.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

0 komentar:

Posting Komentar

Blogger templates