Home » » Peluang Bisnis Ayam Broiler

Peluang Bisnis Ayam Broiler




Ayam broiler merupakan ayam hasil persilangan antara ayam Cornish dengan Plymouth Rock. Ayam broiler memiliki karakteristik ekonomis, pertumbuhan yang cepat sebagai penghasil daging, konversi pakan rendah, panen lebih cepat. Pertambahan berat badan rata-rata adalah 400 gram per minggu untuk jantan dan untuk betina 300 gram per minggu. Ayam broiler juga memiliki sifat tenang, bentuk tubuh besar, pertumbuhan cepat, bulu merapat ke tubuh, kulit putih dan produksi telur rendah.
Ayam broiler adalah ayam tipe pedaging yang telah dikembangbiakan secara intensif dengan bobot rata-rata 1,4 kg tergantung pada efisiensinya perusahaan. Ayam broiler dipasarkan pada umur 6 -7 minggu untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Untuk mendapatkan bobot badan yang sesuai dengan yang dikehendaki pada waktu yang tepat, maka perlu diperhatikan pakan yang tepat. Kandungan energi pakan yang tepat dengan kebutuhan ayam dapat mempengaruhi konsumsi pakannya, dan ayam jantan memerlukan energy yang lebih banyak daripada betina, sehingga ayam jantan mengkonsumsi pakan lebih banyak.
Hal-hal yang terus diperhatikan dalam pemeliharaan ayam broiler antara lain perkandangan, pemilihan bibit, manajemen pakan, sanitasi dan kesehatan, recording dan pemasaran. Banyak kendala yang akan muncul apabila kebutuhan ayam tidak terpenuhi, antara lain penyakit yang dapat menimbulkan kematian, dan bila ayam dipanen lebih dari 8 minggu akan menimbulkan kerugian karena pemberian pakan sudah tidak efisien dibandingkan kenaikkan/penambahan berat badan, sehingga akan menambah biaya produksi. Fase pemeliharaan ayam broiler meliputi fase starter umur 0 - 3 minggu, fase grower 3 - 6 minggu dan fase finisher 6 minggu hingga dipasarkan.

Ayam broiler populer di Indonesia sejak tahun 1980-an. Banyak strain ayam pedaging yang dipelihara di Indonesia. Strain merupakan sekelompok ayam yang dihasilkan oleh perusahaan pembibitan melalui proses pemuliabiakan untuk tujuan ekonomis tertentu. Contoh strain ayam pedaging antara lain CP 707, Starbro, Hybro.

Written by : Your Name - Describe about you

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Etiam id libero non erat fermentum varius eget at elit. Suspendisse vel mattis diam. Ut sed dui in lectus hendrerit interdum nec ac neque. Praesent a metus eget augue lacinia accumsan ullamcorper sit amet tellus.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

0 komentar:

Posting Komentar

Blogger templates