Home » » Sukses Budidaya Kroto

Sukses Budidaya Kroto






Siapa sangka kalau semut rangrang dapat menghasilkan nilai rupiah yang lumyan. Semut rang rang adalah pengahasil kroto yang kini banyak digunakan sebagai pakan burung yang bergizi tinggi.  Dan, ternyata semut rangrang dapat dibudiayakan secara intensif sehingga dapat menghasilkan kroto yang cukup banyak. Cara budidaya kroto relative mudah dan tidak memakan tempat yang luas. Budidaya semut rang rang bisa kita jadikan bisnis sampingan untuk menambah income.
       Untuk berternak kroto, sebelumnya kita harus mencari ratunya terlebih dahulu. Kita dapat mencarinya di kebun atau dimana saja, memang untuk mendapatkan  ratu semut rangrang memang lumayan susah, terkadang kita sudah mendapatkan sarang semut rangrang namun didalam sarang tersebut tidak terdapat ratu. Namun kita dapat membelinya pada orang-orang yang membudidayakan semut rangrang. Namun ada baiknya jika kita mencari sendiri karena seringkali mencampur koloni semut rangrang yang berbeda sarang karena akibatnya para semut pekerja akan berkelahi dan akhirnya banyak yang mati.
      Setelah kita mendapatkan sarang semut rangrang beserta ratunya kemudian buka sarang tersebut dan tempatkan pada sebuah ember plastik dan usahakan bagian tepi dari ember tersebut kita kasih tepung agar para semut pekerja nantinya tidak bisa naik keatas. Usahakan saat kita meletakan semut rangrang ke ember plastik sudah dalam keadaan bersih tanpa sarang. Kemudian hubungkan ember yang berisi semut rangrang tadi pada toples yang sudah dilubangi pada bagian bawahnya dengan diameter sekitar 3 - 5 cm, kita bisa memberi jembatan dari kayu atau sapu lidi menuju toples tersebut.  Setelah itu natinya para semut pekerja ini akan berpindah sendiri kedalam toples dan membawa telur mereka, dan jangan lupa sediakan juga makanan dan minuman dalam toples tersebut. Biasanya makanan semut rangrang ini berupa serangga mati, seperti kecoak mati atau jangrik mati kira kira selang satu hari kemudian para semut rangrang ini akan membuat sarang alami pada toples tersebut. Usahakan toples tersebut dibawahnya dikasih napan yang berisi air agar nantinya para semut pekerja ini tidak berhamburan keluar dan melarikan diri.

Usahakan  tempat untuk ternak jangktik berada di tempat yang sejuk dan tidak bertatapan langsung dengan sinar matahari. Makanan faforit semut rangrang adalah serangga dan sediakan juga air gula. Untuk masa panennya kurang lebih membutuhkan waktu sekitar 20 hari perkoloni jika perkembangan ternak kroto kita normal, bahkan mungkin bisa lebih jika kita masih pemula dalam membudidayakan kroto.

Written by : Your Name - Describe about you

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Etiam id libero non erat fermentum varius eget at elit. Suspendisse vel mattis diam. Ut sed dui in lectus hendrerit interdum nec ac neque. Praesent a metus eget augue lacinia accumsan ullamcorper sit amet tellus.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

0 komentar:

Posting Komentar

Blogger templates