Home » » Peluang Bisnis Gula Cair Dari Singkong

Peluang Bisnis Gula Cair Dari Singkong





Mitra Bisnis UKM
085741862879
Jual Enzim Amylase Dan Gluco Amylase

Gula merupakan sumber pemanis yang sangat dibutuhkan khususnya industri makanan dan konsumen rumah tangga. Dalam produk pangan, gula berfungsi sebagai pemberi cita rasa sekaligus sebagai pengawet alami. Kebutuhan gula sangat besar, dan terus meningkat dari tahun ke tahun. Kebutuhan gula sebagian besar berasal dari gula tebu atau gula pasir yang komponen utamanya adalah sukrosa. Produksi gula pasir di Indonesia cenderung mengalami penurunan dari tahun ke tahun. Hal ini disebabkan oleh tingginya biaya produksi, dan semakin rendahnya minat petani untuk bertanam tebu. Hal ini diperparah dengan semakin derasnya gula impor dari negara lain yang membuat industri gula tebu semakin terpuruk. Mengingat kebutuhan gula yang terus meningkat maka perlu dikembangkan jenis gula dari bahan lain yang ketersediaannya melimpah. Saat ini telah dikembangkan  beberapa jenis produk gula cair dari bahan singkong, jagung, ubi jalar, sagu, dan lain-lain yang merupakan sumber pati yang dapat dipecah menjadi glukosa.  
Tahapan Proses Membuat Gula Cair Bahan Baku Singkong
1.      Larutkan tepung tapioka dalam air dengan perbandingan 1 : 3.
2.      Panaskan pada suhu 95-105oC dan tambahkan 0,8 ml enzim alfa-amilase per kg pati sembari diaduk rata.
3.      Setelah mendidih, turunkan suhu larutan hingga bersuhu 60oC. Kemudian tambahkan 1 ml enzim amiloglukosidase per kg pati. Diamkan larutan selama 76 jam hingga menjadi cairan gula.
4.      Tambahkan 1% arang aktif per kg pati ke dalam gula cair untuk mengikat, menggumpalkan, dan mengendapkan pati, serta menghentikan aktivitas enzim.
5.      Lakukan penyaringan larutan untuk memisahkan gula cair dari karbon aktif dan kotoran sehingga tingkat kejernihan gula 93%. Bila belum tercapai, ulangi kembali pemucatan dan penyaringan.
6.      Alirkan gula cair melalui tabung berisi penukar ion untuk mengikat dan memisahkan ion-ion logam dan kotoran dalam gula cair.
7.      Evaporasi gula ke dalam evaporator untuk meningkatkan kadar gula. Proses evaporasi berlangsung pada suhu 50-60 oC.

 



Written by : Your Name - Describe about you

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Etiam id libero non erat fermentum varius eget at elit. Suspendisse vel mattis diam. Ut sed dui in lectus hendrerit interdum nec ac neque. Praesent a metus eget augue lacinia accumsan ullamcorper sit amet tellus.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

0 komentar:

Posting Komentar

Blogger templates