Home » » JUAL BAKTERI ASAM LAKTAT UNTUK PEMBUATAN TEPUNG MOCAF

JUAL BAKTERI ASAM LAKTAT UNTUK PEMBUATAN TEPUNG MOCAF



085741862879
JUAL FORMULA TEPPUNG MOCAF DAN PELATIHAN BISNIS TEPUNG MOCAF
Jl. Kaliluran KM 11, Caran, Sleman, Yogyakarta

Indonesia adalah salah satu negeri pengimpor terigu terbesar di dunia. Seiring dengan berkembangnya industri makanan berbasis tepung di Indonesia, permintaan terigu selalu meningkat dari tahun ke tahun. Selain itu, masyarakat Indonesia juga sudah terbiasa menggunakan tepung terigu untuk aneka olahan produk makanan, sehingga turut memberikan andil yang signifikan terhadap naiknya permintaan komoditas terigu. Tingginya permintaan komoditas terigu baik nasional maupun internasional membuat harga terigu seringkali fluktuasi dan masih tinggi dirasa khususnya bagi kalangan industri. Indonesia memang bukan produsen gandum/terigu, sehingga akan selalu mengalami ketergantungan dengan terigu impor. Ketergantungan semacam ini, suatu saat akan berdampak lebih parah apabila produksi gandum dunia mengalami penurunan drastis yang dapat mengakibatkan industri makanan berbasis tepung mengalalami gulung tikar.
Kondisi yang demikian penting sekali dicarikan solusi, khususnya pemerintah untuk memberikan dukungan yang kuat bagi pengembangan produk alternatif tepung terigu. Indonesia memiliki beragam komoditas umbi-umbian yang dapat diolah menjadi tepung seperti ubi jalar, ubi kayu atau singkong, gadung, talas, dan lain-lain yang memiliki kandungan gizi tinggi dan produksinya juga tinggi. Kita perlu mempopulerkan aneka produk pangan lokal berbasis umbi-umbian produksi Indonesia sehingga dapat menggeser konsumsi terigu oleh masyarakat atau industri. Kualitas tepung asal umbi-umbian juga tidak kalah dengan produk tepung terigu. Tepung mocaf yang merupakan tepung singkong modifikasi dengan perlakuan fermentasi memiliki kualitas cukup baik untuk mengganti terigu 30-100 %. Karakteristik tepung mocaf yang putih, lembut, tidak berbau singkong, sehingga dapat digunakan untuk menyubstitusi produk olahan makanan berbasis tepung tanpa mengurangi performansi produk. Penggunakan tepung mocaf dapat disesuaikan jenis produknya, untuk jenis produk basah dapat menyubstitusi 30-60%, sedang produk kering bisa 70 -100 %.
Saat ini tepung mocaf sudah mulai popular di Indonesia. Para pengusaha sudah mulai melirik bisnis tepung mocaf. Industri tepung mocaf sudah mulai berkembang cukup pesat di Jawa dan Sumatera. Menggeliatnya industri tepung mocaf, telah memacu meningkatnya produksi singkong nasional. Para petani mulai bergairah menanam aneka jenis singkong. Rendahnya minat petani untuk menanam singkong, umumnya disebabkan oleh kesulitan pasar, hal ini menyebabkan para petani lebih suka menanam tananam yang lain atau membiarkan tanahnya kosong tidak termanfaatkan. Beberapa jenis singkong yang mulai banyak dibudidayakan adalah jenis singkong dengan tingkat produksi tinggi dan kualitasnya cukup baik yaitu singkong Gajah, Meni, Kasesat, Thailand, Darul hidayah, dan lain-lain.
Harga singkong masih sangat variatif di Indonesia, dan masih termasuk tinggi berkisar Rp. 800 – Rp.1000 per Kg di tingkat petani. Hal ini menjadi komponen biaya yang cukup signifikan dalam pengembangan tepung mocaf. Sedangkan tingkat rendemen singkong berkisar 25 -28 %, dengan kata lain dari 100 Kg singkong diperoleh tepung mocaf kurang lebih 25 - 28 Kg. Sedangkan harga tepung mocaf dipasaran masih berkisar Rp.5500 – Rp.6000. Jika dikerjakan dalam kapasitas besar tentu labanya lumayan, namun jika dikerjakan dalam skala home industri labanya sangat tipis. Industri mocaf skala besar masih terkendala masalah kapasitas bahan baku secara continue dan stabil baik harga dan kuantitas. Selain itu standarisasi tepung mocaf juga seringkali tidak diperhatikan oleh produsen sehingga kualitasnya tidak seragam.
Berkembangnya industri tepung berbasis singkong di Indonesia, tentunya merupakan hal yang menggemberikan. Namun, industri tepung mocaf masih harus menghadapi kendala dan tantangan yang cukup berat diantaranya adalah; 1). Kendala ketersediaan bahan baku singkong/ubi kayu seiring dengan berkembangnya industri lain berbasis singkong seperti bioetanol, gula cair, tapioka, industri makanan, dan lain-lain; 2). Persaingan yang cukup ketat dengan terigu yang masih mendominasi; 3). Masyarakat yang masih fanatik dengan produk terigu; 3). Belum adanya dukungan pemerintah untuk melakukan kuota terigu impor dan bantuan investasi kepada UKM; 4). Mulainya produsen mocaf di negara lain yang akan menjadi pesaing bagi produsen mocaf Indonesia; 5). Kurangnya pengetahuan produsen mocaf tentang mengolah limbah cair industri mocaf; 6). Akses pasar yang masih terbatas.
Beberapa kendala tersebut harus mendapatkan solusi, jika kita ingin mengembangkan industri tepung mocaf. Dukungan pemerintah sangat diperlukan khususnya membendung kemungkinan munculnya negara-negara produsen tepung mocaf yang akan menjadi pesaing bagi produsen tepung mocaf nasional. Negara-negara yang mungkin menjadi pesaing untuk produk tepung mocaf antara lain Thailand, Filipina, Malaysia, dan negara-negara lain penghasil singkong. Pembatasan terigu impor, akan dapat membantu meningkatkan harga tepung mocaf, sehingga menjadi daya tarik bisnis tepung mocaf di dalam negeri. Kunci keberhasilan dalam menghadapi persaingan tepung mocaf adalah dengan meningkatan produksi bahan baku singkong dengan kualitas yang baik, dan harga murah berkisar Rp.400 – Rp.600.Selain itu, pentingnya pemanfaatan limbah kulit singkong dan limbah cair menjadi produk sampingan yang bernilai ekonomis.

Written by : Your Name - Describe about you

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Etiam id libero non erat fermentum varius eget at elit. Suspendisse vel mattis diam. Ut sed dui in lectus hendrerit interdum nec ac neque. Praesent a metus eget augue lacinia accumsan ullamcorper sit amet tellus.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

1 komentar:

  1. SELAMAT Menjalankan Ibadah Puasa di TAHUN BARU 2014..
    Informasi yang sangat BERMANFAAT..
    Terima kasih..
    Semoga SUKSES & Salam KENAL dari :
    ==============================

    Paket Usaha Ayam Tulang Lunak “GEROBAKAN”
    ~
    ..Bukan SULAP bukan SIHIR
    Asap di GEROBAK, jadi UANG di KANTONG anda..
    ~
    Paket Usaha Ayam Tulang Lunak “GEROBAKAN” merupakan
    paket usaha kuliner yang mudah dijalankan,
    murah & mempunyai tingkat pengembalian modal yang sangat singkat.
    Hanya dengan Rp. 7.500.000,- Anda sudah dapat menjalankan
    BISNIS KULINER yang terbaik saat ini.
    ~
    Anda akan mendapatkan :
    -. Gerobak
    -. Peralatan masak bakar
    -. Peralatan masak goreng
    -. Kompor, tabung gas & regulatornya
    -. Brosur
    -. Spanduk
    -. Poster
    -. Produk Awal Ayam Tulang Lunak
    -. Kaos
    -. Training (Pelatihan) PELAYANAN (khusus mitra dalam Jabodetabek)
    ~
    Materi inti Training Pelayanan :
    -. Tata cara persiapan pembukaan outlet.
    -. Tata cara membakar & menggoreng ayam tulang lunak
    -. Tata cara menyajikan ayam tulang lunak
    -. Tata cara menyimpan ayam tulang lunak
    ~
    Silakan kunjungi web kami:
    ~
    www.tulanglunakgerobakan.com
    ~
    atau :
    Telpon & HP :
    081318374450 (Telkom)
    08561070103 (Indosat)
    081806396669 (XL)
    021-94946600 (esia)
    021-70264774 (Flexi)
    Kantor: 021-4759274
    PIN BB : 28C97C54
    email : bumi.amrita@ymail.com
    ~
    & dapatkan kemudahan & keterangan lebih lanjut.
    Menu-menu andalan kami adalah :
    1. Ayam Bakar Tulang Lunak
    2. Ayam Goreng Tulang Lunak
    3. Pepes Ayam Tulang Lunak
    4. PepesCeker Tulang Lunak
    5. Bebek Bakar & Goreng
    ~
    Paket Usaha kami berikut menu andalannya telah diliput oleh :
    - Trans TV – Prog Jelang Siang – 28 November 2011 Pk 12.30 WIB
    - ANTV – Program Topik Pagi – 18 Juni 2012 Pk 04.45 WIB -> klik di sini
    dgn URL : http://www.youtube.com/watch?v=WrC1PvqExXc
    ~
    Program Usaha Ayam Tulang Lunak Gerobakan :
    1. Program Dalam Kota
    2. Program Luar Kota ( Program Master Mitra Mandiri)
    Terdiri :
    -. Paket Usaha Standar
    -. Mesin Presto
    -. Training Produksi
    Training Produksi bisa dilakukan di Jakarta atau di tempat mitra.
    Info lebih lanjut bisa dilihat di :
    http://www.tulanglunakgerobakan.com/mfm.html
    ~
    Ingin mencicipi sebelum bermitra ? Silakan order Paket Tester kami yg berisi :
    4 potong ayam tulang lunak (bisa dibakar & digoreng).
    2 pepes ayam tulang lunak
    2 pepes ceker ayam tulang lunak
    2 bebek presto (bisa dibakar & digoreng)
    1 bungkus SAMBAL khas gerobakan
    ~
    Untuk wilayah Jabodetak, kita antar ke tempat calon mitra
    & calon mitra bisa langsung berdiskusi dengan ACCOUNT OFFICER (AO) kami..
    ~
    Tunggu apa lagi, langsung silakan order…
    ~
    SUKSES sudah ada di depan mata kita, AYO BER-WIRAUSAHA !
    ~
    ~

    BalasHapus

Blogger templates